Kamis, 26 Juli 2012

SOFTWARE UNTUK MEMBUAT GAME

Pada postingan sebelumnya telah di bahas sedikit tentang bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sebuah game. Untuk postingan kali ini akan membahas tentang software apa saja yang digunakan untuk membuat sebuah game. Software ini berguna sebagai sarana untuk membuat game. Berikut ini adalah beberapa software yang digunakan untuk membuat game :

1.    The 3D Gamemaker
Ketika anda ingin membuat sebuah game 3D, software The 3D Gamemaker dapat membantu anda membuat game tersebut. Game yang dibuat dapat langsung dimainkan. Software ini hanya menggunakan tools yang ada untuk membuat game 3D yang membutuhkan bahasa pemrograman yang tinggi.
Features:
·      Instant and amazing results in seconds
·      Random Game Option - let your computer create a uniquely playable game for you with just one click of the mouse
·      Create a variety of exciting game scenarios with over 360 pre-made scenes
·      Over 500 3D objects
·      Over 320 Sounds
·      MP3 support includes over 220 MP3 files
·      Record your own personal sound effects
·      Add personalised sound effects to games
·      Entirely customisable - utilise or scan in your own images
·      Import your own 3D models
·      Download FREE objects from the official website
·      Save games as EXE files to share with your friends
·      Swap games via CD or via the Internet with other users
·      Place enemies, objects and items where you want to with the Placement Editor
·      Be a star of your own game - using a simple picture grabber, alter the textures of the 3D objects and see your own face on in-game characters.
·      Add wings, wheels or legs to any player object to create a game that's unique and different.
·      Create your own fast paced First Person Shooters.
·      Take flight and battle around different universes.
·      Create lap based driving games and add in any hostile you like.
·      Let your imagination run wild and use the Silly graphics to make zany, fun games.




2.    3D RPG Builder
Software ini digunakan untuk membuat game dengan RPG. Meskipun software ini masih dalam tahap pengembangan, namun software ini mudah untuk digunakan. Jika ingin membuat game RPG dengan lebih baik lagi maka bisa menggunakan LUA programming.


3.    Game Maker
Game maker merupakan software yang bisa digabung dengan bahasa pemrograman C++. Hal ini berguna untuk yang ingin membuat game arcade (2D). Game maker mudah untuk digunakan karena hanya dilakukan dengan men-drag and drop. Anda dapat membuat game dengan latar belakang, animasi grafis, musik dan efek suara, dan bahkan game 3D.



4.    RPG Maker
Software ini merupakan software bertipe RPG yang mudah untuk digunakan dan dapat menghasilkan game yang memuaskan. Hasilnya mirip dengan game RPG pada playstation. Disini tidak bisa membuat karakter untuk game yang akan dibuat tetapi tersedia ratusan karakter yang bisa dipakai, dan ratusan jurus yang bisa digunakan. Software ini cukup fleksibel dan mudah digunakan, memungkinkan Anda menyesuaikan antarmuka dan antarmuka scripting,  memungkinkan kontrol desainer lebih besar dan kebebasan dalam desain dalam pelaksanaan permainan. Ada fitur tileset yang tersedia dan pilihan musik pada game standar, dan ada komunitas yang berkembang dari pengguna untuk memproduksi konten baru bagi para pengembang yang lain.



5.    FPS Creator
Software ini merupakan software untuk membuat game bertipe First Player Shooter. Software ini memiliki kelemahan : Tidak bisa mengimpor model 3d buatan sendiri, hanya bisa memasukan 25 items dalam satu project, tidak bisa memasukan video untuk bagian story, tidak bisa multi level dan yang paling parah, tidak bisa dipublish menjadi game exe.



6.    3D Adventure Studio
3D Adventure Studio merupakan software yang dirancang untuk membuat game petualangan 3D yang mirip dengan "Betrayal", "Krondor", and "Gabriel Knight 3". Perangkat lunak ini masih dalam tahap Alpha dan belum diperbarui sejak 2004, tetapi masih sedikit berguna.



7.    Adventure Maker
Adventure Maker merupakan software untuk membuat game petualangan point-and-click untuk PC, PSP, Iphone dan Ipod Touch. Selain permainan, software  ini memungkinkan Anda untuk membuat majalah interaktif, wisata virtual dan bahkan PowerPoint seperti presentasi. Software yang dirancang untuk PSP dan Iphone / Ipod adalah legal dan dalam semua parameter yang berwenang.




Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar