Senin, 28 November 2011

MEMBUAT SEBUAH OBJEK DENGAN BLENDER

Tugas softskill saya kali ini adalah membuat sebuah object dengan menggunakan sebuah aplikasi bernama blender. Namun apa sebenarnya blender itu ? Blender adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di kalangan desainer. Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti Microsoft Windows, Mac OS X, Linux, IRIX, Solaris, NetBSD, FreeBSD, dan OpenBSD.
Dengan menggunakan blender, saya akan mencoba membuat sebuah objek sederhana yaitu sebuah pensil. Mengapa saya membuat objek pensil? Alasannya adalah karena saya baru mulai belajar menggunakan blender sehingga saya belum mahir dalam menggunakan blender. karena itulah saya hanya bisa membuat sebuah objek sederhana yaitu pensil ini. Sebelum mulai bekerja membuat objek pensil ini, terlebih dahulu kita membuka aplikasi blender ini. Blender yang saya gunakan ini adalah blender dengan versi 2.60. Pada tampilan awalnya  saat kita pertama membuka blender adalah terdapat sebuah lembar kerja dengan banyak kotak atau kita bisa menyebutnya view port. Kita bisa mengatur tampilan dari view port dengan menekan angka-angka yang terdapat pada kanan keyboard. Didalam view port ini terdapat sebuah objek kubus atau cube. Karena untuk membuat objek pensil ini kita tidak membutuhkan cube, maka kita akan menghapus cube tersebut. Caranya adalah klik kanan pada mouse di objek cube tersebut, lalu tekan huruf x pada keyboard lalu klik delete.
Delete Object

Untuk membuat objek pensil ini, pertama kita akan membuat sebuah objek yaitu torus. Objek torus ini dianggap sebagai sebuah ujung belakang dari pensil ini. Untuk membuat torus, kita klik add pada menu yang berada di atas kemudian kita pilih mesh lalu pilih torus. Untuk mengatur letak objek tersebut kita dapat menggesernya dengan mengklik kanan mouse di objek tersebut, lalu drag objeknya, kemudian setelah di posisi yang tepat klik kiri pada mouse. Untuk mengatur ukuran objek, kita klik kanan objeknya kemudian klik menu scale yang terdapat di menu bagian kiri. Gerakkan mouse ke atas untuk memperbesar objek atau gerakan mouse ke bawah untuk memperkecil objek. Setelah ukurannya tepat, klik kiri pada mouse. Untuk memutar objek, klik kanan pada objek kemudian klik rotate pada menu yang berada di sebelah kiri. Setelah posisi sudah tepat, klik kiri pada mouse.
 Menu

Setelah membuat torus, selanjutnya adalah kita akan membuat objek cylinder. Cara membuatnya sama dengan torus, namun kita pilih cylinder. Cylinder yang kita buat ini akan kita perbanyak karena cylinder ini yang akan menjadi body dari objek pensil ini. Untuk menduplikatnya, klik kanan pada objek lalu klik duplicate objects, lalu geser objek dengan menggerakan mouse,setelah posisinya sudah tepat, klik kiri pada mouse. Disini kita akan membuat 4 duplikat dari cylinder. Dari 4 cylinder tersebut setelah posisinya sudah tepat, kita akan menggabungkan 4 cylinder tersebut agar menjadi sebuah objek. Caranya adalah klik kanan pada sebuah cylinder kemudian tekan dan tahan shift pada keyboard lalu klik kanan pada cylinder lainnya, setelah itu klik join yang ada di menu bagian kiri. Objek yang sebelum di join ketika di select, maka akan terlihat ada 4 objek, setelah di join maka menjadi 1 objek. Perhatikan warnanya.
Sebelum di join
 
  Setelah di join

Selanjutnya adalah kita akan membuat bagian atas dari pensil. Disini kita akan gunakan sebuah objek yaitu cone. Membuat objek cone sama seperti membuat objek torus dan cylinder. Setelah semua objek dibuat, sekarang kita akan mengganti warna dari objek-objek tersebut. Caranya adalah klik kanan objek yang akan diberi warna, lalu klik menu material yang ada di menu bagian kanan. kemudian klik diffuse. Pilihlah warna sesuai keinginan anda. Untuk mewarnai objek selanjutnya adalah dengan mengklik add a new material pada menu material. Simbolnya adalah tanda +. Selanjutnya yaitu klik diffuse lalu pilih warna yang di inginkan.
Proses Mewarnai

Setelah proses pewarnaan, kita akan melihat hasil pekerjaan kita yaitu caranya dengan klik render pada menu di atas, lalu pilih render image. Dan inilah hasil pekerjaan kita
 Pensil

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar