Senin, 28 November 2011

MEMBUAT SEBUAH OBJECT DENGAN ETOYS

Kalau di postingan sebelumnya kita telah membuat sebuah objek dengan menggunakan blender, kali ini kita akan membuat sebuah objek menggunakan etoys. Apa itu etoys ? Etoys adalah sebuah program yang digunakan oleh anak usia 3-4 tahun, bahasa pemrograman yang digunakan berorientasi objek berebasis prototipe. Disni kita akan membuat sebuah objek yaitu robot. Sebelum memulai membuat sebuah objek robot tersebut, terlebih dahulu kita membuat sebuah skema flowchart yang menggambarkan kerja dari objek robot tersebut.


Setelah membuat skema flowchartnya, kita akan mulai membuat objek robot tersebut. Pertama kita buka etoys-nya. Pada tampilan pertama, pilihlah make a project. Setelah itu, pada menu yang berada di atas, pilihlah make a painting.



Kemudian kita akan masuk ke lembar kerja paintingnya. Disini kita dapat melihat beberapa menu dalam membuat sebuah objek. di dalam menu tersebut kita bisa mengatur bentuk pensil, penghapus, dan kita juga bisa mengubah warna dari pensil kita. Setelah mengetahui menu-menu tersebut, kita akan mulai membuat objek robot tersebut. Untuk membuat objek tersebut, kita cukup klik kiri pada mouse kemudian tahan. dan hasil robotnya bisa di lihat seperti di baah ini.



Setelah membuat objek robot itu, klik kanan lalu pilih open viewer for me.


Langkah selanjutnya adalah kita akan membuat animasi pergerakan untuk objek robot tersebut. Pilihlah menu motion, lalu pilih Sketch forward by 5 (untuk maju), Sketch bounce splash (untuk memantul  dengan suara spalsh) ke dalam windows gambar etoys, Sketch turn by 5 (untuk berputar), dan sketch make sound chirp untuk memunculkan suara chirp saat objek bergerak. Sketch bounce dan sketch make sound bisa memunculkan suara saat di jalankan dan suara-suara itu bisa di ganti sesuai keinginan. Untuk memilih sketch-sketch tersebut cukup dengan klik dan drag. Untuk mulai menjalankan sketch tersebut, cukup klik toogle ticking state.

Dan seperti ini lah pergerakan robot tersebut.




Referensi :
 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar