Sabtu, 23 Maret 2013

PENGERTIAN KOMPUTASI AWAN (CLOUD COMPUTING)

Komputasi Awan (Cloud Computing) adalah suatu layanan jasa IT yang dilakukan sebuah perusahaan dimana pengguna dari layanan tersebut tidak perlu menyiapkan perangkat sendiri karena telah disediakan oleh perusahaan tersebut. Layanan ini merupakan layanan yang berbasis internet dimana semua kebutuhan akan dilayani menggunakan koneksi internet. Hal ini bisa disebut dengan Cloud. Komputasi awan merupakan salah satu penggabungan pemanfaatan teknologi  komputer yang berbasiskan internet dan merupakan sebuah trend teknologi terbaru yang sedang di kembangkan. Komputasi awan ini menjalankan kebutuhan pengguna diluar perusahaan itu sendiri sehingga di ibaratkan seperti kebutuhan pengguna di simpan permanen di awan atau di server di internet. Misalnya ketika menggunakan yahoo, gmail, hotmail, facebook, dan twitter. Data dan aplikasi yang dibutuhkan berjalan di tempat lain (di sebuah perusahaan) melalui suatu koneksi internet.

Berikut ini beberapa jenis layanan komputasi awan untuk publik :
  1. Infrastructure as a service (IaaS). Misalnya Amazon CloudFormation, Amazon EC2, Windows Azure Virtual Machines, Google Compute Engine, HP Cloud, Rackspace Cloud, dan Terremark.
  2. Platform as a service (PaaS). Misalnya Amazon Elastic Beanstalk, Cloud Foundry, Google App Engine, Windows Azure Compute, dan OrangeScape.
  3. Software as a service (SaaS). Misalnya Google Apps dan Microsoft Office 365. Ini merupakan yang terpopuler dari kategori layanan.
Perbedaan dari ketiga jenis layanan tersebut adalah :
  1. IaaS (Infrastructure a Service) : layanan ini menyewakan sumberdaya teknologi informasi dasar, yang meliputi media penyimpanan, processing power, memory, sistem operasi, kapasitas jaringan dll, yang digunakan untuk menjalankan aplikasi.
  2. PaaS (Platform as a Service) : layanan ini menyediakan modul siap pakai, digunakan untuk mengembangkan aplikasi, dan berjalan diatas platform tersebut.
  3. SaaS (Software as a Service) : user bisa memanfaatkan aplikasi tertentu pada cloud. Biasanya dengan cara berlangganan.
Kelebihan Komputasi Awan :
  1. Sederhana. Pengguna tidak diharuskan mengerti tentang sistem IT
  2. Aman. Data pengguna disimpan dalam suatu serber terpusat dan sudah pasti memiliki backup
  3. Murah. Pengguna tidak perlu menyediakan infrastruktur dan SDM IT.
  4. Reliabel. Layanan menjaga data dan aplikasi pengguna tanpa henti.
  5. Kompatibel. Mudah dalam mengakses asalkan ada koneksi internet.
  6. Efisien. Pengguna dapat memilih layanan sesuai kebutuhan dan membayar sesuai biaya layanan yang digunakan saja.
  7. Membuat operasional dan manajemen lebih mudah di atur, di monitor, dan tersambung dalam satu cloud
Kekurangan Komputasi Awan :
  1. Jika internet bermasalah, komputer akan menjadi lambat atau bahkan tidak bisa di pakai sama sekali sehingga tidak dapat menggunakan aplikasi dan data.
  2. Perusahaan yang menggunakan layanan dari cloud tidak memiliki akses langsung ke sumber daya
  3. Jika server penyedia layanan cloud computing rusak atau layanan backup buruk, maka akan menimbulkan kerugian besar bagi perusahaan.

Referensi :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar