Sabtu, 18 Desember 2010

MEWABAHNYA TABLET PC

Setelah beberapa waktu yang lalu, dunia PC diwarnai dengan notebook murah, kini dunia PC mengarah ke tablet. Yuuppss, tablet PC, begitulah sebutannya. PC ini tentu saja tidak berbentuk seperti tablet obat. Namun istilah tablet ini digunakan karena ukuran dari PC ini lebih kecil dari ukuran PC biasanya dan tentunya sangat mudah dibawa-bawa layaknya sebuah notebook. Tablet PC adalah sebuah komputer portable berbentuk seperti buku yang memiliki layar LCD sentuh dan layarnya pun dapat diputar mirip gerakan orang menoleh, hingga 360 derajat. Apple merupakan salah satu yang merilis produk tablet PC. Produk buatan Apple diberi nama iPad. Kemunculan iPad di berbagai iklan, billboard, koran, dan majalah yang memaparkan spesifikasi dari iPad membuat orang-orang yang melihat dan membacanya “ngiler” untuk memilikinya. Di Indonesia sendiri iPad ternyata sudah mewabah dan menjadi buah bibir di kalangan penikmat dunia IT.
Setelah iPad muncul, ternyata berbagai produsen lain pun perlahan memasuki arena pertarungan komputer tablet dengan berbagai macam fitur unggulan. Karena dianggap akan menghasilkan keuntungan yang besar, para produsen pun seolah beradu kreatifitas dalam menciptakan tablet PC. Ini juga menyebabkan komputer tablet menjadi komputer yang paling banyak digunakan. Salah satu produsen yang meluncurkan tablet PC setelah Apple adalah Dell. Dell memberi nama produk tablet PC-nya yaitu Streak. Streak sendiri menggunakan sistem operasi Android. Selain Dell ada juga HP yang rencananya akan meluncurkan tablet PC berbasiskan WebOS yang akan diberi nama Slate. Lenovo juga tak mau kalah saing, ia menghadirkan tablet Ideapad S10-3T. Di Indonesia hingar bingar kehadiran tablet PC memang cukup terasa. Terbukti pada pameran komputer yang belum lama serentak diadakan di berbagai wilayah Indonesia, dipamerkan sejumlah produk tablet PC buatan lokal. Diantaranya adalah Zyrex yang memamerkan dua model komputer tablet yaitu Onepad MS 1210 dengan OS Windows 7 dan OnePad MS 1110 dengan OS Android. Selain Zyrex, vendor lokal lainnya yang merilis tablet PC adalah SkyBee yang menamakan tablet PC-nya yaitu SkyPad One.
Demikianlah beberapa vendor yang telah mengorbitkan hasil produknya yang sudah berhasil meramaikan dunia IT. Para vendor yang lain, bukan berarti tidak akan meluncurkan produk tablet PC buatannya, tapi memang produk mereka belum sepenuhnya jadi dan siap dipasarkan. Kita tunggu saja produk buatan mereka...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar